Album Misterius Kedjawen

Kedjawen, gerombolan gothic black metal asal Bogor, yang digawangi Sammael (vokal), Lilith (vokal), Forneus (kibord), Purso (bass), Azazel (dram), dan Judas (gitar) siap melempar album penuh perdana mereka dalam waktu dekat. Namun sayang, saat ditemui selepas tampil di perhelatan event “Ki Gendeng Pamungkas” di Taman Topi Bogor beberapa waktu lalu, vokalis Sammael enggan mengungkapkan judul album dan tanggal pasti perilisannya. Ya, album tersebut masih diselimuti misteri.

“Seluruh materi sudah matang dan siap kami lempar sebenarnya. Tapi kami belum bisa memberikan info tentang banyak hal. Karena ini full album pertama kami dan kami adalah band baru, maka kami harus nyari momen yang pas dan mencari tahu dulu apakah para metalhead benar-benar menyukai karya-karya kami,” ucap Sammael kepada Metalpit.

Kendati begitu, Sammael sempat memberikan bocoran mengenai jumlah trek dan kandungan lirik yang bersemayam di dalamnya. “Ada 10 trek, salah satunya adalah orkestrasi instrumental. Dan tema lirik-liriknya masih tentang seputar reliji. Bukan tentang hal-hal yang bersifat menggurui tetapi lebih kepada menceritakan tentang ancient prophecy, akhir jaman dan sejenisnya,” vokalis yang merupakan putera paranormal Ki Gendeng Pamungkas menjelaskan.

Secara garis besar, genre yang diusung Kedjawen adalah gothic black metal. Tetapi jika ditelaah lebih dalam, barisan riff gitar yang memuncrat dari jemari gitaris Judas sangat lekat dengan kontur musik death metal, sementara vokalis Lilith juga menawarkan alunan vokal ala gothic dan kibordis Purso menyuguhkan elemen-elemen simfonik orkestrasi yang sekaligus mempertegas kadar gothic itu sendiri. Intinya, sangat varatif!

Sadar tak sadar, hal itulah yang menjadi pembeda absolut antara album ini dengan EP “Bibit Kehancuran” yang dirilis pada 2010 lalu. “Di album sebelumnya kami benar-benar hanya menyuguhkan musik gothic black metal. Tapi di album ini kami coba berekplorasi lebih jauh lagi. Jadi, saat proses rekaman kalau ada salah satu dari kami menyentuh wilayah genre lain maka kami membiarkannya biar tambah megah,” Sammael melanjutkan..

Proses penggarapan album ini sendiri berlangsung sejak awal 2012, namun sering tertunda lantaran para personelnya sibuk menjalani kehidupan di luar band, seperti bekerja dan kuliah. Rencana awal perilisannya juga telah ditetapkan tahun 2013 lalu, namun karena para personelnya masih menahan diri dari cara mereka mengeksplor diri maka baru Januari 2014 kemarinlah singel “The Beast of Earth” dirilis. Dan kini, sebuah album  misterius pun siap diledakan!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s