Cause, Ringan Tapi Nggak Kacangan

Dari Bogor, Jawa Barat, sekelompok pemuda bertalenta bernama CAUSE melempar debut album bertajuk Dialog di bawah label Greennote yang juga bermarkas di Kota Hujan. Band yang berdiri September 2008 ini digawangi Randy Asra Dahnial (vokal, akustik gitar), Dito Buditrianto (gitar), Ryan Rifkianda (bas), dan Dhelly Tambunan (drum).

Sekilas, CAUSE mungkin nggak menampilkan sesuatu yang baru dan cenderung sama dengan band-band pop kontemporer lainnya. Namun jika kita kaji lebih jauh, band ini menjual aroma britpop yang kental dengan konsep musik segar dan ringan namun nggak kacangan.  Kekuatan utama CAUSE terpatri pada keunikan karakter vokal Randy Asra Dhanial yang didominasi rhythm section.

Hal ini terhampar di nomor “Bukan Akhir”, yang berkisah tentang cinta dipandang dari sudut pandang lain yang selama ini selalu berakhir sentimentil, atau “Bukan Akhir” yang  menceritakan kegigihan seorang lelaki  yang berusaha keluar dari ketidakpastian pasangannya. Namun jika bicara tentang tema, CAUSE nggak cuma pintar bicara seputar cinta antara sepasang kekasih. “Dikembalikan Keadaan” misalnya, lagu ini bertema doa dan air mata seorang ibu kepada anaknya.

Sementara itu, proses pembuatan debut album mereka yang memakan waktu lebih dari setahun bukanlah perkara yang harus dibesar-besarkan yang kemudian melekatkan mereka dengan stigma ‘band nggak produktif’.
Sebaliknya, CAUSE justru band yang nggak asal bikin lagu. Band ini melibatkan seluruh personelnya dalam penggarapan album sejak masih berupa ‘barang’ mentah hingga detail penggarapan. Alasannya, mereka ingin menawarkan angin baru pada industri musik Indonesia di tengah pasang surutnya hamparan musik berkualitas. CAUSE rupanya cukup realistis dan nggak ingin terjebak dalam birokrasi kehidupan bermusik yang  instan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s