Djati, Tak Melupakan Hal Kecil

Berawal dari sebuah mimpi besar para personelnya, sebuah band bernama Djati terbentuk pada November 2006. Sesuai dengan namanya, Djati, band ini memiliki filosofi ‘semakin lama semakin kuat, semakin tumbuh tinggi, semakin solid, semakin punya nilai jual’.
Awalnya, band pop rock yang digawangi Olen (vokal), Ali (gitar), Terry (bas), dan Adam (drum) ini memiliki keinginan untuk menyalurkan hobi dalam bermusik.
Lama-kelamaan timbul obsesi dan impian untuk bisa menciptakan suatu hasil karya yang bisa diterima khalayak umum. Alasan itulah yang kemudian mendorong Djati memulai proses rekaman pada akhir tahun 2008 sekaligus memproklamirkan secara resmi lahirnya Djati pada 18 November 2008.

Singel mereka yang bertajuk “Andaikan Aku Pergi” sudah dilempar dan kerap dibawakan di setiap kesempatan. Pemilihan single ini tidaklah mudah. Djati terlebih dahulu menawarkan 8 lagu dan minta pendapat penikmat musik hingga pengamat musik. Hasilnya,  persentase yang lebih besar justru memilih lagu “Andaikan Aku Pergi”. Debut albumnya sendiri yang sedianya bakal dirilis setelah lebaran kemarin nampaknya sedikit mengalami pengunduran jadwal.

Dalam proses penciptaan lagu, Djati tak mengkhususkan salah satu personel. Bagi mereka penciptaan syair dengan proses penciptaan aransemen saling berhubungan. “Aransemen kalo nggak didukung sama syair yang bagus, hasilnya bakal nggak bagus. Begitu juga sebaliknya, syair bakal mentah kalo nggak didukung sama aransemen yang bagus,” beber Ali sang gitaris. Untuk itu, biasanya jika ada personel yang menciptakan lagu mereka  langsung melakukan workshop di studio untuk mencari aransemennya.

Harapan Djati cukup simple, masyarakat bisa menerima kehadiran Djati di kancah musik Indonesia dengan jenis musik yang mereka tawarkan. Ibarat sebuah lukisan, banyak warna tergores dalam kanvas album Djati yang mereka yakini bisa berbicara banyak di pasar musik Indonesia. Untuk itu mereka akan terus berkarya dan tak akan pernah melupakan hal-hal yang paling kecil. Karena menurut mereka pencapaian yang besar dimulai dari hal-hal yang kecil. Semoga Djati bisa tetap solid, bisa terus eksis, dan bisa terus menghasilkan karya-karya terbaik bagi masyarakt musik tanah air.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s