Gambartempel Tawarkan Warna Tersendiri

GambarTempel terbentuk di Jakarta tahun 1997 dengan formasi awal; Hendi “Jawa” (vokal), Hendra “Ateng” (gitar),  Heru “Bagong” (gitar), Arya “Kiwir” (bas), Dini (kibord), dan Dede “Pitax” (drum). Dalam perjalanan awalnya,  GambarTempel begitu lekat dengan band-band UK semacam The Cure, Stone Roses, Blur, dan Pulp. Namun tahun 1998 formasi pun berganti. Dini mengundurkan diri karena melanjutkan pendidikannya, Ache “Butta” menjadi ahli waris Arya sebagai pemain Bass, Nicky didaulat menjadi successor Hendi sebagai vokalis, dan Wanto Eve melengkapi formasi sebagai backing vocal.

Sejak itu GambarTempel pun mulai sering memainkan lagu-lagu Radiohead, Kulashaker, dan Shed 7 di Poster Cafe, M-Club, Guini Cafe, Marimba, dan kampus kampus. Jenis musik yang diusung GambarTempel tergolong nggak mudah untuk didengarkan secara mentah. GambarTempel lebih nikmat disimak secara mendalam. Ini dikarenakan sentuhan distorsi yang mereka tawarkan mempunyai warna tersendiri.

Tahun 1999, underground Pondok Gede “menyeret” GambarTempel untuk berpartisipasi dalam kompilasi band Underground. Dalam album bertajuk Brankkas II  itu GambarTempel bersanding dengan Tengkorak, Rollingdoor, dan band-band lainnya. Sedangkan perilisan full album baru terealisasi tahun 2000. Album yang diproduksi oleh Frantic Record itu terjual sebanyak 1.460 keping. Di beberapa stasiun radio seperti Prambors, Indika, dan Mustang lagu-lagunya kerap berkumandang saat itu.

Dari tahun 2002 sampai tahun 2007 personel GambarTempel mulai disibukkan dengan kegiatan yang berorientasi ke masa depan seperti bekerja dan berkeluarga. Namun demikian orientasi itu ternyata melahirkan sebuah kejenuhan yang akhirnya mengembalikan mereka ke “jalan yang lurus”. Tepatnya tahun 2008, GambarTempel kembali tampil bersama di Vicky Sianipar dengan formasi terakhir mereka. Dalam penampilannya saat itu, GambarTempel dilengkapi  Rino “Kupra” (kibord) sebagai additional player dalam membawakan lagu-lagu Radiohead.

Tahun 2010, GambarTempel kembali tampil dalam event ‘Tribute Alternative Part 2’ yang dihelat di Black Steer Café FX Life Style. Mereka membawakan 4 hits dari Live dan 1 nomor mereka sendiri, “April”. Setelah tenggelam cukup lama, kini GambarTempel kembali ke permukaan, mengibarkan misi mereka dalam meramaikan industri musik tanah air dengan warna musik mereka yang ekspresif.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s