Ide Segar dan Warna Baru Post Blue

Menyuguhkan lirik yang sarat dengan ekspresi kemarahan dan kegelisahan serta bereksperimen dengan kata-kata untuk menyiratkan segala emosi yang dirasakan. Itulah pencitraan Post Blue, band pengusung brit experimental pop yang terbentuk sejak November 2008 silam. Arah musikal band ini terkunci pada musik pop yang dibaluri dengan elemen-elemen musik yang terinspirasi band-band asal Britania Raya seperti Placebo, Radiohead, Manic Street Preachers hingga Coldplay.

Pondasi bangunan band ini bermuara pada satu orang, dialah gitaris Raya Billy yang juga berperan sebagai eksekutor sequencer. Sejak kepergian dua personel orijinal Post Blue,  Abadi Insan (vokal) dan Rio Arnaldo (dram) pada Februari 2011, yang diikuti dengan vakumnya band selama setahun, Raya banting tulang memugar puing-puing band yang runtuh dengan mendatangkan vokalis Irfandika Pratama dan dramer Juan Mahir Muhammad. Hasilnya, ide-ide segar dan warna baru mereka ejawantahkan dalam sebuah singel bertajuk “Hotel Room” yang dirilis sejak September 2012 lalu melalui label Fiasco Records.

Lagu yang mengisahkan tentang perasaan seseorang yang dilanda keresahan yang lantas menuntunnya ke sebuah kamar hotel untuk menenangkan diri ini menghidangkan sound-sound gitar yang clean, chorus serta overdrive dari Raya. Sementara liriknya meski menggunakan bahasa Inggris tetap menyampaikan pesan yang mudah dicerna. “Tidak ada yang salah dengan bahasa Indonesia. Dalam musik, kami memiliki harapan bahwa musik kami akan terdengar sampai seluruh penjuru dunia. Kami harus bisa menggapai peluang yang lebih luas dengan perantara bahasa Inggris, tanpa mengesampingkan bahasa sendiri,” kata Irfan kepada inrocknesia.com.

Lalu perbedaan mencolok apa yang membedakan antara vokalis Irfandika dengan Abadi? “Selama masa perkenalan dengan Irfan, gue menyimpulkan bahwa Irfan memiliki sesuatu yang diinginkan oleh Post Blue. Karakter suara dan kegemarannya pada Placebo adalah nilai plus. Soal skill, nanti bisa diasah seiring jalannya waktu. Sepertinya dia juga memiliki loyalitas yang baik terhadap band,” Raya menimpali.

Keunikan lain dari band ini adalah tidak adanya seorang bassis dan tidak pernah menggunakan jasa additional player saat mereka tampil live. “Awalnya kami memiliki bassis, namun hanya bertahan 2 bulan. Sejak itu, kami putuskan untuk jalan tanpa bassis. Lagipula, di awal terbentuknya Post Blue, yang kami tahu masih belum ada band yang menggunakan format seperti kami. Menurut kami hal ini unik dan beda,” tambah Raya.

Saat ini Post Blue sudah mengantongi sekitar 25 lagu dan 10 lagu di antaranya sudah mereka siapkan untuk album perdana. “Jika tak ada halangan, album pertama kami akan rilis pada 9 November 2013,” kata Raya lagi. “Tema yang kami tawarkan masih berkutat pada area kekecewaan, keputusasaan, sarkasme, kegelisahan jiwa, sampai protes terhadap kemanusiaan. Tapi di balik itu semua selalu ada pesan positif dalam masing-masing lagu.”

Seberapa besar keyakinan Raya dkk untuk bertahan  di industri musik Indonesia?  “Yakin! Bahkan bukan hanya di industri musik Indonesia, tapi juga di industri musik dunia!” mereka serentrak menjawab. Terlalu muluk-mulukkah pernyataan tadi? Bagaimana jika mereka tidak dibutuhkan  industri lagi?  Apa yang akan mereka lakukan? “Gue akan tetap berada di jalur musik. Gue punya rencana untuk menjadi seorang produser musik. Gue juga akan menurunkan darah bermusik gue ke anak gue nanti,” dengan percaya diri Raya menegaskan.

“Kalau tua nanti, saya akan menghabiskan waktu dengan menikmati jerih payah saya di masa muda, sambil memutar kenangan hasil karya yang sudah kami ciptakan. Saya juga akan memperdengarkan karya kami kepada pendatang baru di industri musik, bahwa kami pernah berjuang demi eksistensi dan idealisme kami,” Irfan mengakhiri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s