Identitas Kriminal

Gerombolan metal asal Jakarta, Kriminal, tengah menyiapkan EP perdana mereka yang rencananya akan diluncurkan awal tahun 2014 ini. Di dalamnya bakal bersemayam sejumlah komposisi berbenang merah heavy metal yang disilangkan dengan elemen rock n’ roll dan spirit punk. Sejauh ini proses penggarapan album tersebut sudah mencapai angka 70 persen.

Paparan lirik yang menjejali album tersebut banyak bercerita seputar kritik sosial. Seperti banyaknya kecurangan, ketidakadilan dan kejanggalan di negeri ini, cara bersenang-senang sampai gaya hidup urban Jakarta. “Ide-ide tersebut bisa datang dari mana saja. Dari melihat di sekitar kita sampai nonton atau baca berita. Tapi sejujurnya setiap lirik yang gue tulis itu terlahir saat gue di kamar mandi,” ucap Bendo kepada Metalpit.

Selama proses penggarapannya para personel Kriminal juga sangat memerhatikan sisi karakter dimana saat memainkan seluruh lagu masing-masing personel mencoba untuk enjoy dan mengeluarkan ciri khas mereka. “Biar soul sama emo-nya dapet,” Ble’e menambahkan. Namun Kriminal mengakui, saat ini mereka hanya memainkan apa yang mereka sukai dan belum memikirkan untuk mengawinkan beberapa genre lain.

Kendati tidak mencoba untuk berekperimen, Yahya (vokal), Bendo (bass), Chonot (gitar) dan Ble’e (dram) tidak ingin dianggap sebagai band yang memasung diri mereka pada satu genre. “Bagi kami identifikasi itu bebas, karena musik merupakan media menjalani hidup dan tempat berekspresi. Dan jujur saja, sepertinya tidak ada yang menonjol dari musik kami karena kami hanya ingin memainkan apa yang kami bisa dan kami senangi. Dan kami merasa musik yang kami bawakan ini pas buat Kriminal” Bendo mengakhiri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s