Suguhan Spesial Total Tragedy

Seperti martabak, selalu saja ada perbedaan antara yang spesial dengan yang tidak. Begitu pun dengan sebuah band. Total Tragedy, band  asal Surabaya ini terasa spesial dengan suguhan “gothic/doom metal” yang ditawarkan. Perpaduan vokal growl dan female voice yang mereka ramu merupakan kombinasi keren dalam sebuah komposisi musik.

Berawal saat membawakan lagu-lagu Within Temptation dan Theater of Tragedy pada sebuah event pensi di Surabaya, Harru TT (Vocal/growl), Martha (female vocal), Samsul (Guitar), Wisnu (Gitar), Richard (Bass), Taufany (Keyboard) dan Eko (Drum)  kini makin manancapkan kukunya dengan mengikuti event-event dalam scene Underground di seputar Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Dengan sedikit pergantian formasi pada gitar dan keyboard, “Every Story Has A Glory” yang dirilis tahun 2001 merupakan album perdana yang menjadi modal utama Total Tragedy untuk melakukan promo dan konser. Termasuk akhirnya menyumbang lagu ‘Tenggelam Ditelan Duka’ dalam kompilasi “Legion Timur” dan lagu ‘Hampa Ku Menanti’ dalam kompilasi “Metalik Klinik 5”. Kedua kompilasi yang dirilis oleh Rotocorp, label indie underground dan didistribusikan secara nasional oleh Musica Studio.

Tahun 2002 mereka merekam album kedua “Heaven”. Sebuah album yang menerbangkan mereka menuju panggung-pangung akbar sekaliber “Hitam-Hitam on Stage” di Jakarta, Monster of Rock” di Jawa Tengah serta “Sounderground” di Bali. Namun begitu ada kala dimana sebuah band mengalami fase kritis, begitu pun dengan pasukan gothic dari Surabaya ini. Tiga personelnya Martha (female vocal), Adi (keyboard), dan Eko (drum) hengkang dari line-up.

Namun kondisi ini tak menyurutkan geliat Total Tragedy dalam berkarya. Harru TT (vocal/growl) dan Adi (gitar) adalah dua sosok spesial yang paling bertanggung jawab  dalam menulis lirik, membuat lagu, serta mengaransemen semua musik hingga album ketiga “Labyrinth” kelar. Malah SonnenGott Musik, label dan manajemen sejak mereka terbentuk  mulai memperluas market dengan mendistribusikan album digitalnya lewat internet (apple/iTunes).

Dengan bantuan Ani (female vocal), Marchell (keyboard), Agro (drum) dalam melakukan setiap aktivitasnya Total Tragedy  melakukan sebuah perjudian berani dengan melakukan perubahan dalam konsep musiknya. Mereka merekam single “Red Atmosphere’ dan “Morning Sun” dalam format akustik pada bulan Agustus 2008. Sebuah “enriched” CD bertajuk ‘gothcoustic’ yang dikemas spesial dalam sebuah “bag pack”. Terasa spesial karena selain memuat lagu CD ini disertai Ringtones, Alertones, Pictures, dan Lyrics. Bukankah itu lagi-lagi sebuah hal spesial?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s