Adrian Adioetomo

Gitaris bernama Adrian Adioetomo ini sebenarnya merupakan Sarjana Desain Grafis lulusan University of Western Sydney, Australia. Namun dalam kenyataannya ia lebih terkenal sebagai musisi daripada sebagai seorang desainer. Namanya bahkan cukup termahsyur di kalangan gitaris, khususnya di komunitas musik blues.
Adrian dilahirkan di Balikpapan, Kalimantan Timur dan dibesarkan di Jakarta. Sementara kedua orangtuanya berasal dari Solo, Jawa Tengah. Pada 1989 Adrian sempat pindah ke Australia mengikuti ibunya yang mengambil jenjang pendidikan S3 di Australian National University di Canberra. Di sana pulalah ia melanjutkan pendidikan SMA dan kuliahnya.

Ciri khas dari gitaris yang satu ini adalah penggunaan gitar resonator seperti National Reso-lectric 1992, National Duolian 1932, Dobro Woodbody 1932, dan Johnson 14 Fret Style-O 1996 yang disesuaikan dengan karakter musik yang ia mainkan, yaitu blues tahun 30an atau delta blues. Saat ini artist endorser ampli Laney (L20H dan VC30) masih sibuk memromosikan album solo keduanya “Karat & Arang” yang dirilis Juli 2013 lalu dan menyiapkan album kedua band sampingannya Raksasa.

Dalam “Karat & Arang”, Adrian tidak menyuguhkan nada-nada melodius yang masif atau memerlihatkan penekanan pada not semata. Ia lebih menekankan ekspresi yang akhirnya menghasilkan ekperimentasi akut seperti penggunaan speaker robek dan tang. Kendati tetap konsisten berjalan di jalurnya, namun ia tidak lagi berusaha keras untuk mengembalikan blues ke masa awal pertumbuhannya – di bagian selatan Amerika pada era ‘20-‘30an – seperti di album pertamanya “Delta Indonesia” (2007).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s