Muhammad ‘Gugun’ Gunawan

Muhammad Gunawan, atau biasa disapa Gugun adalah salah satu gitaris kebanggan industri musik Tanah Air. Bersama bandnya, Gugun Blues Shelter, sepak terjangnya tak hanya menyebar ke seantero Indonesia dan Asia tetapi juga hingga ke tanah Inggris dan Amerika Serikat. Terutama, saat dua albumnya, “Far East Blues Experience” dan “Solid Ground”, dirilis oleh label rekaman berbasis New York, Grooveyards Records pada 2011 lalu.

Sebelum memainkan musik blues, masa kecil Gugun lebih banyak dihabiskan dengan mendengarkan musik-musik vintage seperti The Beatles dan The Rolling Stones. Saat duduk di bangku SMP selera musiknya makin berkembang dimana ia kemudian banyak melahap musik-musik berkadar hard dan heavy seperti Scorpions dan Judas Priest. Pada masa ini pulalah, untuk kali pertama Gugun mulai mencicipi gitar elektrik, bermerk Fender Stratocaster milik seorang teman kakaknya.

Pada awal ’90-an, setelah mendengarkan lagu “Still Got the Blues” dari Gary Moore, Gugun memutuskan untuk mendalami musik blues, yang saat itu digambarkannya sebagai ‘blues rock yang gila’. Dari situ, ia lantas menggali lebih dalam lagi tentang blues sampai akhirnya jatuh hati kepada Jimi Hendrix dan B.B. King. Khusus Jimi Hendrix, Gugun sangat mengagumi pola ritem yang dibuat gitaris kidal itu dimana dengan kord-kordnya tersebut bisa tercipta sebuah komposisi rock yang unik.

Kendati demikian, untuk referensi dalam bermain gitar dan membangun licks Gugun tidak mengikat diri pada kubangan musik blues saja. Ia mengaku banyak mendengarkan jenis musik lain seperti musik Jepang misalnya. Tak heran jika lick-lick yang menyelimuti barisan komposisi lagu-lagu dari album pertama sampai terbaru GBS, “Soul Shaker” (2013) begitu berwarna, seperti perpaduan musik Tommy Bolin dengan Glenn Hughes yang melahirkan barisan komposisi funk rock blues sekaligus. Tepat di tahun 2014 ini, Gugun baru saja merayakan satu dekade eksistensi bandnya Gugun Blues Shelter.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s