Prisa

Lama menghilang dari dunia gitar, Prisa kini sibuk mengembangkan bisnis clothing bernama “Dreambirds Artwear” yang sudah ia tekuni sejak tahun 2009. Produk yang dijajakannya macam-macam, ada t-shirt, sweater, jaket kulit, snapback hats, jogger pants, waist pack, hingga pakaian anak-anak. Karena Prisa sangat perduli dengan kualitas produk-produknya, ia pun memproduksi sendiri seluruh item dari awal hingga akhir (desain, jahit, sablon dan packaging) serta memiliki pabrik mini di daerah Jakarta Timur. “Yang aku coba tawarkan dari brandku sebenarnya adalah unsur ‘art’ yang kental karena aku dan dan dua partnerku melukis sendiri artwork-artwork nya,” kisah Prisa.

Bukan tanpa alasan jika Prisa ingin menawarkan unsur seni dalam produk-produknya itu. Pasalnya, perempuan kelahiran 6 Januari 1988 ini sempat mengambil pendidikan jurusan ‘Fine Art’ di Academy of Art University, San Francisco, Amerika Serikat dimana ia mempelajari berbagai medium art dari lukisan, patung, sablon, dan sedikit kelas fashion. Hebatnya, Prisa berhasil lulus dengan meraih nilah sempurna. “Sangat bersyukur juga aku selalu dapat nilai A hehe… Kalau nggak super serius sayang soalnya, kuliahnya sudah jauh. Cuma agak kecewanya, walaupun aku udah maksimal di art tetap orang-arang nggak terlalu perduli. Malah masih nanyain, ‘Kapan mbak main gitar lagi?’ gitu terus hehehe…”

Berbicara tentang gitar, wanita bernama lengkap Prisa Adinda Arini Rianzi ini sudah memainkan alat musik petik itu sejak duduk di bangku SMP. Saat itu, teman sekamarnya di asrama – yang diakuinya kerap bersaing dalam berbagai bidang – memiliki sebuah gitar yang kerap membuatnya penasaran. Namun karena tidak enak hati untuk meminjam gitar tersebut Prisa pun hanya bisa memainkannya diam-diam saat temannya keluar kamar. Keseringan meminjam tanpa izin akhirnya membuat Prisa merengek kepada kakaknya untuk dibelikan sebuah gitar. Dan setelah memiliki gitar pertamanya, Yamaha C390, Prisa bahkan mengambil kegiatan ekstra kulikuler gitar di sekolahnya.

Namun demikian, gitar bukanlah alat musik pertama yang disentuhnya. Karena ketika berusia enam tahun, perempuan yang pernah muncul di video klip J-Rocks bertajuk “Kau Curi Lagi” (2007) ini lebih dulu memainkan piano dan kerap membawakan lagu-lagu klasik yang cukup rumit di setiap acara keluarga. Karena ukuran piano terlalu besar dan tidak bisa ditenteng kemana-mana, Prisa akhirnya beralih kepada gitar dan memilih gitaris Sheila On 7 Eross Chandra sebagai salah satu inspirasinya. Dan selain membentuk dua band metal, Zala (bersama Rafika Saleh atau Ika) dan Vendetta, Prisa juga pernah merilis album solo berlabel self-titled pada tahun 2008.

Selama menjadi gitaris, wanita yang dipersunting pria bernama Wayne Vidamo dan dianugerahi seorang anak bernama Zafy Rianzi Vidamo ini mengalami banyak kisah. Dari yang menyenangkan hingga kurang menyenangkan. Menurutnya, dengan menjadi gitaris ia begitu diapresiasi sekaligus bisa memiliki banyak teman dan bergabung di sebuah komunitas (gitaris.com). Namun dengan peran ini pulalah dirinya sempat mengalami ‘diskriminatif’ dari kalangan pria. “Jaman dulu cewek belum ada yang main gitar jadi kadang-kadang suka diragukan sebelum manggung. Tapi itu dulu sebelum aku mulai dikenal orang hehehe…”

Dulu, Prisa juga memiliki sekitar 30 buah gitar dimana beberapa diantaranya; PRS Single Cut, Jackson Rhandy Rhoads Series, dan gitar akustik Martin, Taylor, serta Cole Clark kerap digunakannya selama menjalani rekaman dan tampil di atas pentas. Namun kini, sebagian gitarnya sudah dijual dan Prisa sendiri belum berniat kembali ke dunia yang pernah membesarkannya tersebut. “Untuk sementara, karena aku harus bertahan hidup dan membesarkan anak, jadi kayaknya harus fokus 100% sama bisnis dan keluarga dulu. Kalau keinginan (kembali ke dunia gitar) pasti ada, suatu hari aku pasti balik lagi,” tandas Prisa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s