Stephan Santoso

Stephan Santoso merupakan musisi jebolan Full Sail, Center of Recording Arts, Orlando Florida, Amerika Serikat yang terkenal bertangan dingin dalam urusan penggarapan mixing dan mastering album dari sejumlah band Tanah Air. Padi, Sheila On 7 dan The Changcuters adalah beberapa nama yang sudah merasakan sentuhan midas pria peraih 7 kali penghargaan ‘Sound Engineer Terbaik’ di ajang Anugerah Musik Indonesia (AMI) ini.

Selain berkarir sebagai sound engineer, Stephan juga kerap kali berperan sebagai pembuat musik dan pemain gitar di sejumlah rekaman, antara lain di lagu “Ratu Cahaya” yang dilantunkan oleh Astrid, “Terpesona” oleh Glenn & Audy, dan “Rumah Kita” oleh Indonesian Voice. Hingga kini, tercatat sudah lebih dari 100 lagu yang melibatkan dirinya termasuk jingle untuk sebuah program musik televisi, Barometer Musik SCTV.

“Mungkin orang mikirnya saya itu engineer yang bisa main gitar, padahal sebetulnya saya pemain gitar yang bisa mixing. Bisa dibilang hidup saya 100% gitar. Tapi begitu jadi sound engineer saya ngerasa kayak ada bidang lain yang menarik yang akhirnya bikin saya keterusan,” ungkapnya kepada GitarPlus dalam sebuah wawancara eksklusif di edisi 108 (Maret-April 2013).

Memasuki awal 2013, Stephan bersama para personel Padi; Fadly (vokal), Rindra (bass), dan Yoyo (dram) membentuk sebuah proyek musik bernama Musikimia dan merilis album mini bertajuk “Indonesia Adalah…” via Sony Music Entertainment pada Desember 2013. Kendati cukup piawai memainkan pola permainan teknikal, namun di album ini Stephan tidak terlalu mengumbar unsur tersebut dimana ia cukup bermain sesuai kebutuhan lagu.

Khusus permainan shredding galak dan teknikal justru ia ekpresikan bersama proyeknya yang lain, yang ia bentuk bersama dramer Edane Fajar Satritama dan bassis Wolfgangs Arya Setiadi. Proyek album instrumental ini memang belum memiliki nama dan masih dalam tahap penggarapan. Namun Stephan mengaku akan menampilkan pola permainan gitar ala Yngwie Malmsteen, Dave Mustaine, dan Marty Friedman seperti saat ia masih muda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s