The Ocean49, Proyek Reuni Nial Bunga

Nial, bassis band Bunga (yang beken di era ’90-an) kini tengah sibuk menggarap materi baru bersama The Ocean49, sebuah band bentukannya yang pernah malang melintang di awal tahun 1990-an. Selain Nial, band reuni yang mengusung genre alternatif/grunge ini menampilkan dua bersaudara gitaris Arie Joesoef dan dramer Fahd Joeseof.

Ari sendiri merupakan direktur PT. Adedanmas – Mercedes-Benz Indonesia (baca juga berita utama majalah ini: For The Love of Guitar, Red) yang juga pernah berposisi sebagai addition guitarist Bunga dan proyek Nial lainnya, Uploaded. Style permainannya, menurut Nial, sangat beraroma Seattle dan mempunyai karakter unik dimana ia sering bermain gitar tanpa pick (pemetik gitar) dan doyan membuat riff-riff yang tidak lazim.

Saat ini, The Ocean49 sudah mengantongi 10 materi demo yang sudah diserahkan kepada Didit Saad (Daddy and the Hot Tea, eks Plastik) yang telah ditunjuk sebagai arranger sekaligus addition guitarist. Dan dalam waktu dekat, Arie akan memulai proses tracking gitar di home recording milik Didit di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan dimana album tersebut diharapkan rilis akhir tahun 2014 mendatang. “Semuanya kami serahin sama Didit. Karena dia yang lebih tahu, termasuk penggunaan instrumen kami (bass, gitar dan ampli, Red). Mana yang lebih cocok untuk lagu mana,” bassis yang kerap mengenakan kaca mata hitam itu mengungkapkan kepada GitarPlus.

Konsep band ini lebih mengarah kepada proyek kolaborasi layaknya ‘Seattle Sound’ dimana untuk posisi vokal akan diisi keroyokan oleh Tony Viali (Bunga), Anda Perdana (Mata Jiwa, eks Bunga), Amank Syamsu (Omni) dan Doddy Katamsi (Seven Years Later). “Bukan cuma vokalis, ada kemungkinan satu atau dua gitaris lagi juga ikutan di sini. Tapi belum bisa gue sebutin siapa,” lanjut Nial yang juga menjelaskan bahwa untuk proses rekaman bass akan dilakukan setelah sesi rekaman gitar.

Lalu apa yang membedakan The Ocean49 dengan Bunga? “Dari isian bass aja otomatis berbeda karena spirit player-nya juga beda-beda. Dengan sendirinya nggak sama dengan di Bunga walapun yang nyanyi Tony juga. Pokoknya memang kami bedain deh sama Bunga. Walaupun nggak secara langsung dikonsepin tapi kedengarannya nggak sama. Begitu pun Anda, cara nyanyinya bakal beda!” Nial menyimpulkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s