Michel Kartaadiredja

Spesialis Poster dan DVD

Michel Kartaadiredja seorang akunting Restoran Dimsum Festival di daerah Kemang. “Ini sebuah perusahaan keluarga yang gue kelola sendiri”, ujar lelaki yang tinggal di Cipete ini. Di sela-sela kesibukannya itu, Michel ternyata berperan sebagai seorang kolektor metal yang gila. Nyaris seluruh sudut ruang kamar tidurnya dikerumuni ratusan CD dan DVD dari band-band metal. Sebagian besar adalah 4 band yang dipujanya; Megadeth, Iron Maiden, Helloween, dan Kreator.

“CD dari empat band favorit gue udah pasti lengkap banget, kalo band-band lain paling album yang dianggap terbaik aja, tapi gue sendiri lebih mengkhususkan DVD, ” jelasnya.

Peranan sebagai kolektor dijalani Michel sejak tahun 1996, tapi itu baru seputar kaset dan CD ‘biasa’. Tahun 2000 lah awal keekstriman Michel dalam mengoleksi CD dan DVD, saat ia bertemu dengan anak-anak komunitas Blok M. Sejak saat itu Michel benar-benar menjelma sebagai seorang kolektor metal sejati.

Nggak hanya CD dan DVD, di seluruh permukaan dinding kamarnya juga terpampang sekitar 50 poster band-band metal yang didapatkannya melalui eBay. Harganya pun nggak bisa dibilang murah, sekitar Rp. 400.000 per poster. Bahkan salah satu poster kesayangnnya, Dream Theater, yang diidam-idamkan sejak 2003 tapi baru didapatkannya tahun 2009, dibelinya seharga Rp. 700.000. Untuk urusan yang satu ini, nggak sedikit teman-teman Michel yang menganggapnya ‘keterlaluan’.

Tapi seperti kolektor lainnya, Michel pun nggak pernah menghitung jumlah uang yang sudah digelontorkannya. Bahkan saat seluruh koleksinya diperkirakan seharga sebuah mobil mewah, sedikit pun nggak ada penyesalan dalam diri Michel.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s