Dede Aldrian

Hingga kini, Dede Aldrian telah membuat lebih dari 150 lagu instrumental. Ia juga pernah menjadi aranjer dan komposer di album batak Trio Everhard (11 lagu), album Kerinci/Jambi bersama Otma Syamsi (10 lagu), album Julian G-Lo, menyelesaikan satu album bersama Alphakid’s, dan kini tengah menggarap album debut bersama bandnya Pyramid Rega (heavy ska) yang rencananya akan dirilis tahun 2015 ini.

Dede pernah mengenyam pendidikan musik formal di Malang Musik (Yamaha Music Indonesia) untuk belajar gitar klasik. Ia juga memiliki sejumlah mentor seperti Gideon Lj Tengker, Dobbie Wulunk, Faisal Ahmad, Omen Ranger, dan ayahnya sendiri Fosil Haris. Sedangkan untuk idola, Dede telah memilih nama-nama semisal Steve Vai dan Ritchie Blackmore di barisan daftar gitaris yang dikaguminya. “Steve Vai itu bukan hanya hebat dalam bermain gitar, tapi dia juga hebat dalam menghibur penonton, sedangkan Ritchie Blackmore adalah gitaris yang sangat radikal di eranya,” jelas Dede tentang idolanya.

Gitar pertama yang dimiliki pria yang biasa disapa Dedevai ini adalah sebuah gitar merk Rockson yang diberikan ayahnya pada tahun 2004. Dan sebagai seorang gitaris, pria kelahiran Bogor, 3 Mei 1995 ini juga telah menyabet sejumlah prestasi seperti “The Best Guitar Player”, juara 1, 2, dan 3 bersama bandnya Pyramid dan kesempatan tampil di Jak Jazz 2010 bersama Ireng Maulana, menjadi opening act I Wayan Balawan, serta berkolaborasi dengan Yoyo Padi, Trison Roxx, Ginda Bestari, Kokow Seurieus, dan Gideon LJ Tengker.

Awal ketertarikannya kepada gitar terjadi pada 2004, setelah ia melihat ayahnya memainkan alat musik itu setiap malam. Berselang tiga tahun, pria yang sejak kecil dicekoki lagu-lagu Metallica, Ozzy Osbourne, dan Iron Maiden ini kemudian bergabung dengan band yang juga dibentuk oleh ayahnya, Pyramid. Dan selain Pyramid Rega yang bergenre ska, Dede kini tergabung juga dengan Pyramid The Revolution (metalcore), Dede Aldrian Blues Band, dan D.OY.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s