Ei Repvblik

Pria kelahiran 25 April 1985 ini sudah mengenal gitar sejak duduk di bangku SMP, atau saat guru Keseniannya mewajibkan semua murid untuk bisa memainkan alat musik sebagai salah satu syarat lulus ujian mata pelajaran tersebut. Dari situ, hasrat Ei Repvblik pun semakin menggelembung hingga ia pun membentuk sebuah band. “Dengan modal ilmu bergitar gue yang pas-pasan, temen-temen akhirnya meminta gue untuk menjadi gitaris karena di antara mereka nggak ada yang bisa bermain gitar,” kisahnya.

Hanya saja, untuk ukuran keseriusan Ei baru benar-benar bermain gitar dengan band bernama Luck yang dibentuknya pada tahun 2000. Dan 4 tahun berselang, bersama band Repvblik Ei tidak hanya makin mendalami gitar tetapi juga kian menancapkan cakarnya di industri musik Indonesia melalui karya-karyanya seperti “Hanya Ingin Kau Tahu” dan “Sandiwara Cinta”.

Hingga kini hanya ada satu nama yang menjadi sosok inspirasional dan begitu berjasa dalam hidupnya. Siapa dia? “Guru kesenian SMP gue… Selain karena akhirnya gue kepaksa harus bisa main gitar, gue juga ngerasa kalau dia main gitar kayaknya udah fasih banget. Dia gitaris inspirasi gue,” pria bernama lengkap Heri Masrulloh Achmad menegaskan.

Selain mendapat banyak pelajaran dari guru Keseniannya, Ei juga mengaku mendapatkan banyak ilmu dari teman-temannya selama pencarian jati dirinya sebagai sebagai gitaris. “Kalau ada orang yang main gitarnya jago, gue langsung minta diajarin. Nggak satu orang tuh, banyak banget yang ajarin gue. Paling gue kasih rokok doang biar belajarnya asik,”

Saat ini Ei masih aktif berperan sebagai gitaris band pop Repvblik dan belum terpikir untuk membentuk proyek lain di luar band utamanya tersebut. Bersama band ini Ei telah merilis album “Punya Arti” (2007), “Hidupku di JalanMu” (2008), “Aku dan Perasaan Ini” (2009), “Transisi” (2011), dan “Sandiwara Cinta” (2014). Dan selama tampil di atas panggung Ei selalu mempersenjatai diri dengan gitar Fender Stratocaster Tradisional ’96, Peavey T60, dan Parker Nitefly. Lalu ampli Messa Boogie Single Rectifier, serta pedalboard yang berisikan stompbox Boss Delay DD7, PS-6, NS-2, TU-3, AC-3, dan tambahan sebuah booster.

Leave a Reply

