Kokow Seurieus

Kali pertama pria bernama lengkap Ramah Handoko ini bersentuhan dengan gitar adalah saat ia duduk di bangku SMP. Awalnya, ia hanya belajar dari teman-temannya yang suka ngamen, namun lantaran adrenalinnya makin memuncak ia pun membeli gitar akustik dan mulai mengulik sejumlah lagu.

Boris Simanjuntak, gitaris band The Flowers, merupakan salah satu inspirasinya dalam bermain gitar dimana saat itu Kokow kerap menyaksikan Boris beraksi di atas panggung dan mengikutinya pulang hanya untuk mempelajari lagu yang dibawakan Boris. Kebetulan, Kokow merupakan adik kelas gitaris jebolan Gang Potlot itu di SMA sehingga tidak menyulitkan dirinya untuk sedikit menimba ilmu kepada Boris.

Selain Boris, gitaris yang juga berprofesi sebagai dosen seni rupa di Universitas Negeri Jakarta ini mengaku sangat mengagumi permainan gitaris BIP Pay. Sedangkan untuk gitaris mancanegara, Koko begitu mendewakan Steve Vai, Joe Satriani, Slash, Nuno Bettencourt, Mick Mars, dan C.C. DeVille.

Gitar elektrik pertama Kokow didapatkan saat ia masuk ke perguruan tinggi. Gitar merk Maison yang merupakan hadiah ulang tahun dari ayahnya. Namun karena masih agak bingung bagaimana memainkan gitar elektrik dengan baik dan benar Koko kemudian belajar kepada rekan kuliahnya dan mulai rutin melatih jemarinya serta membaca tabulatur.

Tak lama, pria kelahiran 6 November ini bergabung dengan band rock asal Bandung Seurieus dimana enam tahun berselang mereka ambil bagian dalam album kompilasi bertajuk “Alternative Plus” dengan lagunya “Tukang Jamu” dan merilis album perdananya “Rocks Bang-Get” secara independen di bawah bendera GeusRieut Records.

Tahun 2012, dengan vokalis baru bernama Boym, Seurieus merilis album kelimanya yang bertajuk “V” dimana di album ini Kokow mempersenjatai diri dengan gitar Ibanez S520EX, Fender Mexico 1992 dan gitar customnya (body Charvel, neck Jackson, tremolo Ibanez Floyd Rose) yang disandingkan dengan ampli Marshall JCM 2000 TSL, plus efek Fox Tonelab LE serta POD HD 500. 10 November 2014, Seurieus yang tinggal menyisakan Koko dan Boym melepas singel baru bertajuk “Untuk Sang Legenda”. (Riki Noviana)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s