Marcell Hadisaputro

Endorsee Dean Guitars ini merupakan salah satu raja festival di wilayah Jabodetabek. Marcell Hadisaputro – demikian nama lengkapnya – telah berkali-kali menyabet gelar bergengsi, seperti juara kedua Festival Gitar Yamaha tingkat Jabodetabek, juara pertama Festival Gitar Chic’s Brojo Soemantri (2007), juara kedua Festival Ibanez di Score Citos, juara favorit Festival Gitar Taman Topi Bogor, juara kedua Festival Gitar LA Lights, Depok (2009), juara pertama Festival Gitar LA Lights Bogor, dua kali finalis Fender Festival, gitaris terbaik di Festival Malibu Bogor (2001-2004), dan pemenang utama Dean Monster Shredder 2013 yang lantas membuatnya menjadi brand ambassador produk tersebut sekaligus didaulat sebagai gitaris pembuka klinik Michael Angelo Batio (MAB) di Aruba Café, Blok M di tahun yang sama.

Marsell sendiri sudah menjadi pencinta musik rock dan heavy metal sejak ia duduk di bangku Sekolah Dasar. Namun hasrat untuk bermain gitar baru mulai mencapai ‘ubun-ubunnya’ setelah ia mendengarkan album “Rising Force” dari Yngwie Malmsteen dan album “Go-off” milik Cacophony. “That’s why I wanna be a guitar hero,” kenangnya. Namun saat itu ia tidak langsung belajar lagu-lagu bertempo cepat seperti yang dimainkan para idolanya tersebut, tetapi lebih memilih mengulik lagu balada seperti “Soldier of Fortune” (Deep Purple) dan “Stairway to Heaven” (Led Zeppelin).

Pria kelahiran 26 April ini merupakan gitaris otodidak yang belajar melalui koleksi kasetnya serta mendalami teori musik melalui video, serta buku-buku Music Institute, Berklee College of Music, Hal Leonard, dan lain-lain. Namun ia juga pernah menuntut ilmu dari sejumlah gitaris lokal Bogor dengan cara yang unik. “Belajarnya lucu. Dari RT ke RT…misalkan gue denger ada gitaris jago dari daerah ‘A’ gue satronin tuh, PDKT gitu. Padahal pengen nyuri-nyuri ilmu. Begitu seterusnya. Dan Puji Tuhan mereka yang gue datengin welcome semua, nggak ada yang sombong,” kisah Marsel.

Kendati saat ini dikenal sebagai gitaris solo yang super cepat, namun sebenarnya Marcell pernah membentuk dan terlibat di sejumlah band. Sebut saja Djuara, Starlight Generation, Mr.Bean, PlusMinus, Spongebob, Grifone, dan Maxima. Dan sebagai gitaris solo Marsel kini telah memiliki sejumlah karya instrumental baik yang menampilkan pola permainan shredding maupun fingerstyle. Di antaranya adalah “Back From The East”, “Balapan Liar”, dan “The Outer Side”. Rencananya dalam waktu dekat lagu-lagu tersebut bakal dirilis dalam sebuah album.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s